Kumpulan Artikel CUSN

Simpanan Saham dan Simpanan Nonsaham

SIMPANAN SAHAM

adalah simpanan kepemilikan anggota terhadap Kopdit CU Sondang Nauli dan menerima balas jasa simpanan berupa deviden pada akhir tahun. Simpanan saham terdiri dari:

1.Simpanan Pokok (SP) adalah simpanan saham yang merupakan bukti kepemilikan yang minimal harus dimiliki oleh seorang anggota Credit Union. Simpanan ini disetor hanya sekali yakni pada saat yang bersangkutan telah menjadi anggota.  Besar Simpanan Pokok saat ini adalah Rp. 100.000,-

2.Simpanan Wajib (SW) juga merupakan simpanan saham yang harus (wajib) disetor secara rutin setiap bulan. SW ditetapkan sebesar Rp. 30.000,-/bulan.

3.Simpanan Sukarela (SS) juga merupakan bentuk simpanan saham. SS adalah simpanan yang ditabung melebihi dari SW. Biasanya disetor bersamaan dengan SW.
 

SIMPANAN NONSAHAM

merupakan jenis simpanan diluar bentuk saham dan dapat ditarik sewaktu-waktu atau sesuai dengan kontrak jangka waktu tertentu dan mendapat perhitungan jasa/bunga simpanan setiap bulannya atau pada saat jatuh tempo.

 

Perbedaan Simpanan Saham dan Nonsaham

SIMPANAN SAHAM  SIMPANAN NONSAHAM 
1 Mendapat Jasa Simpanan berupa Deviden saat Akhir Tahun Buku.  1 Mendapat jasa simpanan berupa Bunga setiap bulan atau waktu perjanjian. 
2 Tidak dapat ditarik selama menjadi anggota  2 Dapat ditarik sewaktu-waktu 
3 Dilindungi oleh DAPERMA  3 Tidak mengikuti Program DAPERMA 
4 Terdiri dari: 4 Terdiri dari:
a.Simpanan Pokok (SP)  a.SIBUHA
b.Simpanan Wajib (SW) b.SISUKA
c.Simpanan Sukarela (SS)  c.SIPANDIK-AS
  d.SIPANDik Plus
  e.SIMAKA
5 Diperhitungkan dalam plafon pinjaman  5 Tidak diiperhitungkan dalam plafon pinjaman 
6 Jumlah jasa simpanan ditetapkan oleh RAT  6 Jumlah jasa simpanan ditetapkan oleh Pengurus 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh